SILABUS MATEMATIKA BERKARAKTER
Sekolah : SMP Negeri 196 Jakarta
Kelas :
VIII
Mata Pelajaran :
Matematika
Semester : I
(satu)
Standar Kompetensi : ALJABAR
1. Memahami bentuk aljabar,
relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Nilai Karakter
|
||||||||||||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||||||||||||
1.1 Melakukan operasi aljabar
(Diana Dahlia)
|
Bentuk aljabar
|
Mendiskusikan hasil operasi tambah, kurang pada
bentuk aljabar (pengulangan) secara bekerja sama
|
·
Menyelesaikan operasi tambah,
kurang pada bentuk aljabar dengan bekerja sama
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Tentukan hasil dari:
|
2x40mnt
|
Buku teks
|
Sikap kerja sama
|
||||||||||
|
|
Mendiskusikan hasil operasi kali, bagi dan
pangkat pada bentuk aljabar (pengulangan) secara bekerja sama
|
·
Menyelesaikan operasi kali,
bagi dan pangkat pada bentuk aljabar dengan bekerja sama
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Tentukan hasil dari:
|
2x40mnt
|
|
Sikap kerja sama
|
||||||||||
1.2 Mengurai
kan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
|
Bentuk aljabar
|
Mendata faktor suku aljabar berupa konstanta
atau variabel dengan ulet dan rasa ingin tahu
|
·
Menentukan faktor suku aljabar
dengan ulet dan rasa ingin tahu
|
Tes lisan
|
Pertanyaan
|
Sebutkan variabel pada
bentuk berikut:
4x + 3
(5a – 6)(4a+1)
|
2x40mnt
|
|
Sikap ulet dan rasa ingin tahu
|
||||||||||
|
|
Menentukan faktor-faktor bentuk aljabar dengan
cara menguraikan bentuk aljabar tersebut dengan cermat dan teliti
|
·
Menguraikan bentuk aljabar ke
dalam faktor-faktornya dengan cermat dan teliti
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Faktorkanlah 6a - 3b + 12
Tentukan bentuk penjabaran dari !
|
2x40mnt
|
|
Sikap cermat dan teliti
|
||||||||||
1.2 Memahami relasi dan fungsi
(Dewi Wulan)
|
Relasi dan fungsi
|
Dengan berpikir logis siswa menyebutkan hubungan yang merupakan suatu fungsi
melalui masalah sehari-hari, misal hubungan antara nama kota dengan negara/propinsi,
nama siswa dengan ukuran sepatu
|
·
Menjelaskan dengan kata-kata
dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
dengan berpikir logis
|
Tes lisan
|
Pertanyaan
|
Berikan contoh dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi!
|
2x40mnt
|
Buku teks
Lingkungan
|
Berpikir logis
|
||||||||||
|
|
Menuliskan suatu fungsi menggunakan notasi
dengan cermat dan teliti
|
·
Dengan cermat dan teliti siswa dapat
menyatakan suatu fungsi dengan notasi
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Harga gula 1 kg Rp 5600,00. Harga a kg gula 5600 a rupiah.Nyatakan dalam bentuk fungsi
a !
|
1x40mnt
|
|
Sikap cermat dan teliti
|
||||||||||
1.4 Menentu
kan nilai fungsi
|
Fungsi
|
Mencermati cara menghitung nilai fungsi dan
menghitungnya
|
·
Menghitung nilai fungsi dengan
cermat dan teliti
|
Tes tulis
|
Tes isian
|
Jika f(x) = 4x -2 maka nilai f(3)=....
|
1x40mnt
|
|
Sikap cermat dan teliti
|
||||||||||
|
|
Menyusun suatu fungsi jika nilai fungsi dan data
fungsi diketahui dengan kreatif dan teliti
|
·
Menentukan bentuk fungsi jika
nilai dan data fungsi diketahui dengan kreatif dan teliti
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Jika f(x) = px + q, f(1) = 3 dan
f(2) = 4 tentukan f(x).
|
2x40mnt
|
|
Kreatif dan teliti
|
||||||||||
1.5 Membuat
sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius
(Nurasni)
|
Fungsi
|
2.1 Membuat
tabel pasangan antara nilai peubah dengan nilai fungsi dengan cermat
dan teliti
Menggambar grafik fungsi aljabar dengan cara
menentukan koordinat titik-titik pada sistem koordinat Cartesius secara
kreatif
|
·
Dengan cermat dan teliti siswa
dapat menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi
Menggambar grafik fungsi pada koordinat
Cartesius secara kreatif
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes isian
Tes uraian
|
Diketahui f(x) = 2x + 3. Lengkapilah tabel berikut:
Dengan menggunakan tabel gambarlah grafik fungsi yang dinyatakan f(x) =
3x -2
|
2x40mnt
2x40mnt
|
|
Sikap cermat dan teliti
kreatif
|
||||||||||
1.6 Menentu
kan gradien, persamaan garis lurus
(Herlina Humaira)
|
Garis Lurus
|
Menemukan
pengertian garis lurus dan cara menentukan persamaan garis lurus jika gambar
garis diketahui.
|
· Mengenal
peramaan garis lurus dalam berbagai bentuk dan variabel.
Menentukan persamaan garis lurus jika gambar garis
diketahui.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Disajikan suatu persamaan
kemudian dibuat grafiknya dengan x variable pada himpunan bilangan
nyata. Apakah yang terbentuk dari persamaan tersebut ?. atau sebaliknya
|
|
M. Cholik Adinawan, Sugiono,
Matematika 2A untuk SMP kelas VIII Semester 1, Erlangga, 2007.
|
Sikap cermat dan teliti
|
||||||||||
|
|
Menemukan pengertian dan nilai gradien suatu garis dengan cara menggambar
beberapa garis lurus pada kertas berpetak secara logis dan kreatif
|
Mengenal pengertian dan menentukan gradien garis
lurus dalam berbagai bentuk secara logis dan kreatif
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Disajikan beberapa garis pada kertas berpetak.
Tentukan gradien garis-garis tersebut !.
|
2x40mnt
|
|
Berpikir logis dan kreatif
|
||||||||||
|
|
Menemukan cara menentukan persamaan garis yang melalui dua titik, melalui
satu titik dengan gradien tertentu secara cermat dan teliti
|
·
Menentukan persamaan garis
lurus yang melalui dua titik, melalui satu titik dengan gradien tertentu
secara cermat dan teliti
|
Tes tulis
|
Tes isian
|
Persamaan garis yang melalui titik (3,1) dan sejajar
dengan garis berpersamaan adalah.
|
2x40mnt
|
|
Sikap cermat dan teliti
|
||||||||||
|
|
Dengan berpikir kritis dan kreatif siswa dapat menggambar garis lurus
jika
-
melalui dua titik
-
melalui satu titik dengan
gradien tertentu
-
persamaan garisnya diketahui
|
·
Menggambar grafik garis lurus
dengan berpikir kritis dan kreatif
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Gambarlah garis lurus dengan persamaan y = 2x - 4
|
2x40mnt
|
|
Berpikir kritis dan kreatif
|
Standar Kompetensi : ALJABAR
2. Memahami sistem persamaan
linear dua variabel dan menggunakannya
dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Nilai Karakter
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||||
2.1 Menyelesaikan sistem
persamaan linear dua variabel
(Dinillah Kharisma)
|
Sistem Persamaan Linear Dua variabel
|
Mendiskusikan pengertian PLDV dan SPLDV secara
kerja sama
|
· Menyebutkan
perbedaan PLDV dan SPLDV secara kerja sama
|
Tes lisan
|
Daftar pertanyaan
|
Bentuk
4x + 2 y = 2
x – 2y = 4
a. Apakah merupakan sistem persamaan?
b. Ada berapa variabel?
c. Apakah variabelnya?
d. Disebut apakah bentuk tersebut?
|
2x40mnt
|
Buku teks dan lingkungan
|
Sikap kerja sama
|
|
|
|
Mengidentifikasi SPLDV dalam berbagai bentuk dan
variabel dengan berpikir logis dan teliti
|
· Mengenal
SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel dengan berpikir logis dan teliti
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Manakah yang merupakan SPLDV?
a. 4x
+ 2y = 2
x – 2y =
4
b.
4x + 2y ≤ 2
x – 2y = 4
c. 4x + 2y > 2
x – 2y = 4
d. 4x + 2y – 2 = 0
x – 2y –
4 = 0
|
2x40mnt
|
|
Berpikir logis dan teliti
|
|
|
|
Dengan kreatif dan teliti siswa dapat
menyelesaikan SPLDV dengan cara substitusi dan eliminasi
|
·
Menentukan akar SPLDV dengan
substitusi dan eliminasi secara kreatif dan teliti
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Selesaikan SPLDV
berikut ini
3x – 2y = -1
-x + 3y = 12
|
2x40mnt
|
|
Kreatif dan teliti
|
|
2.2 Membuat
model matemati ka dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear
dua variabel
|
Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
|
1.1 Mengubah
masalah sehari-hari ke dalam model matematika berbentuk SPLDV secara kritis
dan logis
|
·
Membuat model matematika dari
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV secara kritis dan logis
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Harga 4 pensil dan 5 buku tulis
Rp19 000,00 sedangkan harga 3 pensil dan 4 buku tulis Rp 15 000,00. Tulislah model
matematikanya.
|
2x40mnt
|
|
Berpikir kritis dan logis
|
|
2.3Menyelesaikan model
matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua
variabel dan penafsirannya
(Susi Fitri)
|
Sistem
Persamaan Linear
Dua Variabel
|
Mencari penyelesaian suatu masalah
yang dinyatakan dalam model matematika dalam bentuk SPLDV secara
kreatif dan teliti
|
-
Menyelesaikan model matematika
dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan
penafsirannya secara kreatif dan teliti
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Selesaikan SPLDV
berikut:
2x + 3y = 8
5x - 2y
=1
|
2x40mnt
|
Buku
paket
|
Kreatif dan teliti
|
|
|
|
Menggunakan grafik garis lurus untuk menyelesaikan model matematika yang
berkaitan dengan SPLDV dan menafsirkan hasilnya secara kritis dan kreatif
|
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Selesaikan SPLDV
4x + 5y = 19
3x + 4y = 15 dengan menggunakan grafik garis lurus dan
merupakan apakah hasilnya?
|
4x40mnt
|
|
Kritis dan kreatif
|
|
Standar Kompetensi : GEOMETRI DAN PENGUKURAN
3. Menggunakan Teorema
Pythagoras dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Nilai Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
3.1
Mengguna kan Teorema Pythagoras
dalam pemecahan masalah
(Yanti Silfia)
|
Teorema Pythagoras
|
Menemukan Teorema Pythagoras dengan menggunakan
persegi-persegi secara bekerja sama
|
· Menemukan
Teorema Pythagoras secara bekerja sama
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Jika panjang sisi siku-siku suatu segitiga adalah a cm dan b cm, dan
panjang sisi miring c cm, maka tuliskan hubungan antara a, b, dan c.
|
2x40mnt
|
Buku teks, kertas berpetak, model Pythagoras
|
Sikap kerja sama
|
|
|
Menuliskan rumus Teorema Pythagoras pada
segitiga siku-siku secara cermat dan teliti
|
· Menghitung
panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui secara cermat
dan teliti
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Panjang salah satu sisi siku-siku adalah 16 cm dan
panjang sisi miring adalah 20 cm. Hitunglah panjang sisi siku-siku yang lain.
|
2x40mnt
|
|
Sikap cermat dan teliti
|
|
|
Menerapkan Teorema Pythagoras pada segitiga
siku-siku dengan sudut istimewa secara kritis dan kreatif
|
· Menghitung
perbandingan sisi sisi segitiga siku-siku istimewa (salah satu sudutnya 300,
450, 600) secara kritis dan kreatif
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Segitiga ABC siku-siku di B. Sudut A = 300 dan panjang AC = 13 cm. Hitunglah panjang sisi AB dan
BC.
|
4x40mnt
|
|
Berpikir kritis dan kreatif
|
3.2 Memecahkan
masalah pada bangun datar yang berkaitan dengan
|
Teorema Pythagoras
|
Mencari perbandingan sisi-sisi segitiga
siku-siku istimewa dengan menggunakan teorema Pythagoras secara kritis dan kreatif
|
· Menghitung
perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa secara kritis dan kreatif
|
Tes tulis
|
Tes Uraian
|
Suatu segitiga ABC siku-siku di B. Sudut A = 300
Panjang sisi AB = 8 cm.
Hitung panjang sisi-sisi BC dan AC.
|
2x40mnt
|
|
Berpikir kritis dan kreatif
|
|
Teorema Pythagoras
|
Menggunakan teorema Pythagoras untuk
menghitung panjang diagonal ,sisi, pada bangun datar, misal persegi, persegi
panjang, belah ketupat, dsb secara kritis dan kreatif
|
· Menghitung
panjang diagonal pada bangun datar, misal persegi, persegi panjang, belah ketupat,
dsb secara kritis dan kreatif
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Suatu persegi panjang mempunyai panjang 12 cm dan lebar 9 cm. Hitunglah panjang diagonalnya.
|
2x40mnt
|
|
Berpikir kritis dan kreatif
|
Keterangan: Sesuai Standar Proses, pelaksanaan kegiatan pembelajaran terdiri atas
kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
Dalam silabus ini pada kolom
kegiatan pembelajaran hanya berisi kegiatan inti.
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP/MTs...........
(............................................)
NIP/NIK.............................
................, .... .... 20....
Guru Mata Pelajar
(............................................)
NIP/NIK.............................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar