Sabtu, 19 Januari 2013

RPP SMP Kelas VIII semester 1 SK 2, KD 2.1;2.2 Oleh DINILLAH KHARISMA(kelompok 2)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

I.                   Identitas
Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            :           Matematika
Kelas                           :           VIII (Delapan)
Semester                      :           Ganjil / I (Satu)
Jumlah Pertemuan       :           6x40 menit (3 kali pertemuan)

Standar Kompetensi   : 2. Memahami Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar       : 2.1. menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel.
Indikator                     :1. Menyebutkan perbedaan PDLV dan SPLDV.
                                     2. Menjelaskan SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel.
                                     3. Menentukan akar SPLDV dengan subtitusi dan eliminasi.

 Tujuan Pembelajaran  : 1. Peserta didik dapat menyebutkan perbedaan persamaan linear dua   variabel (PLDV) dan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV)
                                      2. Peserta didik dapat menentukan himpunan penyelesaian  dari SPLDV dengan metode grafik, subtitsi dan eliminasi.

II.                MATERI AJAR
Sistem Persamaan Linear Dua Variabel:
a.       Mengingat Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV)
b.      Mengenal Persamaan Linear Dua Variabel (PLDV)
c.       Menentukan penyelesaian Persamaan Linear Dua Variabel dan menggambar grafik.
d.      Mengenal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.
e.       Menentukan penyelesaian Persamaan Linear Dua Variabel

A.    Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran: kooperatif tipe head together
            Metode pembelajaran : - diskusi        
 - tanya jawab
 - penugasan/pemberian tugas
B.     Sumber Pembelajaran
Buku paket kelas VIII semester 1.
C.    Langkah-langkah pembelajaran

Waktu :( 2 x 40 menit) x 3 pertemuan
No
Kegiatan pendidik
Kegiatan peserta didik
Waktu
1
Pendahuluan
- Pendidik memperhatikan Kehadiran Peserta didik (NK:Peduli Sosial)
-Guru meminta siswa untuk berdoa(NK : religius)
- Pendidik mengingatkan kembali tentang pelajaran sebelumnya, persamaan linear satu variabel (PLDV)
- pendidik memotivasi peserta didik Apabila konsep dari materi yang dipelajari dapat dipahami, maka  Peserta Didik dapat mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari (NK:rasa ingin tahu)
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (NK: rasa ingin tahu)
- Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya.(NK: Rasa ingin tahu)


-Peserta didik duduk dengan tenang(NK: menghargai)

- Peserta didik memimpin do’a (NK: Religius)
-peserta didik mengingat kembali tentang persamaan linear satu variabel (PLDV)
-Peserta didik mendengarkan (NK : rasa ingin tahu)





- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)

- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai) 
10 menit
2
Kegiatan inti
Eksplorasi
- pendidik membentuk Peserta didik kedalam  beberapa kelompok dimana kelompok terdiri dari 4 - 5 orang yang sudah direncanakan.
- pendidik meminta peserta didik duduk pada kelompok masing-masing, memilih dan memasangkan topi bernomor di kepala siswa, dengan masing-masing siswa memiliki nomor yang berbeda dalam satu kelompok
Elaborasi
-p-pendidik memberikan LKS  yang berisikan materi sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok. (NK:Disiplin, tanggung jawab)
- Pendidik memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja secara individu tetapi tidak menutup kemungkinan mereka saling bertukar pikiran dengan anggota yang lainnya dalam Kelompok.
- Pendidik memantau kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami kesulitan.
konfirmasi
-pendidik meminta peserta didik yang nomor dan kelompok yang terpilih, untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok didepan kelas.
Jika nomor dan kelompok mendapatkan kendala dalam mempresentasikan, pendidik meminta peserta didik dengan nomor yang sama pada kelompok lain untuk melengkapi jawaban.
- Pendidik memberikan umpan balik/ mengkonfirmasi jawaban peserta didik (NK: Menghargai prestasi)
-Setelah diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi (NK:Tanggung jawab)

Eksplorasi
- Peserta didik membentuk kelompok yang telah direncanakan oleh pendidik. (NK:Menghargai, tanggung jawab, disiplin, demokratis)

- peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing dengan tertib , serta memasangkan topi dengan benar.



Elaborasi
- peserta didik menerima LKS yang diberikan (NK:Disiplin, tanggung jawab)


- Peserta didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam waktu 15 menit.
  (NK: Tanggung jawab, disiplin)





- peserta didik berdiskusi dibawah bimbingan pendidik (NK: bertanggungjawab).

konfirmasi
- peserta didik yang terpilih mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memdegarkan dan memperhatikan dengan serius (NK : menghargai)






-peserta didik mengikuti proses diskusi dengan serius (NK: Menghargai prestasi)

- peserta didik mengumpulkan hasil diskusi
(NK:Tanggung jawab)


10 menit













20 menit


















25 menit
3
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (NK: Menghargai Prestasi)
- Pendidik memberikan Kuis (NK:rasa Ingin Tahu)
 


- Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan  hamdalah (NK: Religius)
Penutup
-peserta didik mendengarkan
(NK: Menghargai Prestasi)

- Peserta didik menjawab Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (NK: Tanggung jawab)
-peserta didik mengucapkan hamdalah (NK: Religius)

15 menit

D.    Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Menyebutkan PLDV dan SPLDV.



Ø  Menjelaskan SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel




Ø  Menentukan akar SPLDV dengan subtitusi dan eliminasi
Tes tertulis




Tes tertulis






Tes tertulis
Tes uraian




Isian singkat






Uraian
Perhatikan bentuk
6x + 3y = 3
x – 3y = 6
a.       apakah merupakan sistem persamaan?
b.      Ada berapa variabel?
c.       Apa variabelnya?
d.      Disebut apakah persamaan tersebut?

 Manakah yang SPLDV?
a. 6x + 3y = 3
   x – 3y = 6
b. 6x+ 3y ≤ 3
   x – 3y = 6
c. 6x + 3y > 3
  x – 2y = 6
d. 6x + 3y -3 =0
  x – 3y – 6 = 0

Selesaikan SPLDV berikut ini:
3x + 4y – 20 = 0
4x = 3y + 10

E.      Pedoman Penilaian

Nomor soal
A
B
C
Skor maksimum
2
2
2
Skor minimum




                                    Nilai (N ) =
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….



( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….

........., ......, ............... 20...
Pendidik Mapel Matematika.



( ...........................................)
NIP/NIK :…….…………….





LEMBAR KERJA SISWA
Nama               :
Kelas               : VIII
Semester          : Ganjil
Materi              :  -  menyebutkan perbedaan PLDV dan SPLDV
-          Menjelaskan SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel
-          Menentukan akar SPLDV dengan subtitusi dan eliminasi




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

I.                   Identitas
Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            :           Matematika
Kelas                           :           VIII (Delapan)
Semester                      :           Ganjil / I (Satu)
Jumlah Pertemuan       :           2x40 menit
Standar Kompetensi   : 2. Memahami Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar       : 2.2. Membuat matematika dari maslah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel.
Indikator                     : membuat matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV

 Tujuan Pembelajaran: peserta didik dapat membuat matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV

II.                Materi Ajar
Mengubah masalah sehari-hari ke dalam matematika berbentuk SPLDV.

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak masalah yang dapat di selesaikan dengan menerapkan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Masalah-masalah ini biasanya berbentuk soal cerita. Dalam mengenali soal cerita yang dapat di selesaikan dengan model matematika kita harus tahu strateginya.
Ada dua fakta tentang SPLDV yang dapat dijadikan pegangan dalam mengenali soal cerita:
a.       Fakta adanya dua PLDV
b.      Fakta adanya dua variabel.
Berdasar dua fakta tersebut, cara mengenalinya adalah:
a.       Jika besaran nilaninya belum diketahui
b.      Sekurang-kurangnya terdapat dua kalimat atau pernyataan yang menghubungkan kedua besaran tersebut.
Setelah tahu strategi mengenalinya, maka untuk penyelesaiaannya juga butuh strategi:
a.       Dua besaran yang belum di ketahui dimisalkan sebagai variabel dalam SPLDV yang akan di susun.
b.      Dua kalimat/ pernyataan yang menghubungkan kedua besaran tersebut diterjemah ke dalam kalimat matematika. Jika di peroleh dua PLDV, maka kedua PLDV dapat di pandang sebuah SPLDV.
c.       Selesaikan SPLDV yang di peroleh pada bagian  (b) kemudian penyelesaian yang di peroleh kita gunakan untuk menjawab pertanyaan pada soal cerita aslinya.

Contoh:
Harga 2 baju dan 3 kaos adalah Rp. 85.000. sedangkan harga 3 baju dan 1 kaos tipe yang sama adalah Rp. 75.000. Tentukan harga sebuah baju dan harga sebuah kaos?
Jawab:
Pada soal cerita terdapat dua besaran yang belum diketahui, yaitu harga sebuah baju dan harga sebuah kaos. Kalimat pertama dari soal tersebut menyiratkan adanya dua pernyataan yang menghubungkan harga baju dan harga kaos. Indikasi-indikasi ini menunjukkan bahwa soal ini kemungkinan berkaitan dengan masalah enyelesaian SPLDV.
Langkah berikutnya adalah menetapkan variabel dan menterjemahkan soal tersebut ke dalam kalimat matematika.
Misalkan:
      Harga sebuah baju = x rupiah
      Harga sebuah kaos = y rupiah,
      Harga 2 baju dan 3 kaos = 2x + 3y = 85.000
      Harga 3 baju dan 1 kaos = 3x + y = 75.000



Dengan metode eliminasi kasus ini dapat di selesaikan.
2x + 3y = 85.000   x 1                   2x + 3y = 85.000
3x +  y = 75.000    x  3                  9x + 3y = 225.000
                                                      -7x = -140.000
                                                        x = 20.000

subtitusikan nilai x;
2(20.000) + 3y = 85.000
40.000 + 3y = 85.000
               3y = 45.000
                 y = 15.000

jadi harga sebuah baju= x rupiah= Rp.20.000 dan sebuah kaos = y rupiah= Rp. 15.000


a.      Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran:
            Metode pembelajaran : - diskusi        
 - tanya jawab
 - penugasan/pemberian tugas
b.      Sumber Pembelajaran
Buku paket kelas VIII semester 1.

c.       Langkah-langkah pembelajaran
Waktu: 2x 40 menit
No
Kegiatan pendidik
Kegiatan peserta didik
Waktu
1
Pendahuluan
- Pendidik memperhatikan Kehadiran Peserta didik (NK:Peduli Sosial)
-Guru meminta siswa untuk berdoa(NK : religius)
- Pendidik mengingatkan kembali tentang menyelesaikan SPLDV denagn cara subtitusi dan eliminasi
- pendidik memotivasi peserta didik Apabila konsep dari materi yang dipelajari dapat dipahami, maka  Peserta Didik dapat mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari (NK:rasa ingin tahu)
- Pendidik memberikan informasi kepada Peserta Didik tentang materi yang akan mereka pelajari,dan tujuan pembelajaran (NK: rasa ingin tahu)
- Pendidik Mensosialiasakan kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar Peserta Didik mengenal dan memahamimya.(NK: Rasa ingin tahu)


-Peserta didik duduk dengan tenang(NK: menghargai)

- Peserta didik memimpin do’a (NK: Religius)
-peserta didik mengingat kembali tentang menyelesaikan SPLDV denagn cara subtitusi dan eliminasi
 -Peserta didik mendengarkan (NK : rasa ingin tahu)





- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai)

- peserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari pendidik (NK : menghargai) 
10 menit
2
Kegiatan inti
Eksplorasi
- pendidik membentuk Peserta didik kedalam  beberapa kelompok dimana kelompok terdiri dari 4 - 5 orang yang sudah direncanakan.
- pendidik meminta peserta didik duduk pada kelompok masing-masing, memilih dan memasangkan topi bernomor di kepala siswa, dengan masing-masing siswa memiliki nomor yang berbeda dalam satu kelompok
Elaborasi
-p-pendidik memberikan LKS  yang berisikan materi sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok. (NK:Disiplin)
- Pendidik memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan, Peserta Didik diharapkan bekerja secara individu tetapi tidak menutup kemungkinan mereka saling bertukar pikiran dengan anggota yang lainnya dalam Kelompok.
- Pendidik memantau kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami kesulitan.
konfirmasi
-pendidik meminta peserta didik yang nomor dan kelompok yang terpilih, untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok didepan kelas.
Jika nomor dan kelompok mendapatkan kendala dalam mempresentasikan, pendidik meminta peserta didik dengan nomor yang sama pada kelompok lain untuk melengkapi jawaban.
- Pendidik memberikan umpan balik/ mengkonfirmasi jawaban peserta didik (NK: Menghargai prestasi)
-Setelah diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi (NK:Tanggung jawab)

Eksplorasi
- Peserta didik membentuk kelompok yang telah direncanakan oleh pendidik. (NK:Menghargai, tanggung jawab, disiplin, demokratis)

- peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing dengan tertib , serta memasangkan topi dengan benar.



Elaborasi
- peserta didik menerima LKS yang diberikan (NK:Disiplin)


- Peserta didik mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang diberikan oleh pendidik dalam waktu 15 menit.
  (NK: Tanggung jawab, disiplin)





- peserta didik berdiskusi dibawah bimbingan pendidik (NK: bertanggungjawab).

konfirmasi
- peserta didik yang terpilih mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok lain memdegarkan dan memperhatikan dengan serius (NK : menghargai)






-peserta didik mengikuti proses diskusi dengan serius (NK: Menghargai prestasi)

- peserta didik mengumpulkan hasil diskusi
(NK:Tanggung jawab)


10 menit













20 menit


















25 menit
3
Penutup
- Pendidik memberi penghargaan kepada kelompok yang terbaik (NK: Menghargai Prestasi)
- Pendidik memberikan Kuis (NK:rasa Ingin Tahu)
 


- Pendidik mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan  hamdalah (NK: Religius)
Penutup
-peserta didik mendengarkan
(NK: Menghargai Prestasi)

- Peserta didik menjawab Pertanyaan dari pendidik yang tidak saling membantu satu sama lain (NK: Tanggung jawab)
-peserta didik mengucapkan hadalah (NK: Religius)

15 menit

d.      Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Membuat matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistempersamaan linear dua variabel



Tes tertulis








Tes uraian





Harga 2 baju dan 3 kaos adalah Rp. 85.000. sedangkan harga 3 baju dan 1 kaos tipe yang sama adalah Rp. 75.000. Tentukan harga sebuah baju dan harga sebuah kaos?


e.        Pedoman Penilaian

Nomor soal
A
B
C
Skor maksimum
2
2
2
Skor minimum




                                    Nilai (N ) =
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….



( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….

........., ......, ............... 20...
Pendidik Mapel Matematika.



( ...........................................)
NIP/NIK :…….…………….




LEMBAR KERJA SISWA
Nama               :
Kelas               : VIII
Semester          : Ganjil
Materi              :  -  megubah masalah sehari-hari ke dalam bentuk SPLDV






Tidak ada komentar:

Posting Komentar