TUGAS
Silabus pembelajaran
Diajukan
untuk memenuhi tugas akhir pada mata kuliah
Perencanaan
pembelajaran
Oleh
:
P.
MTK V-A
Yanti Silfia : 2410.030
DOSEN PEMBIMBING :
Imamuddin , M.Pd
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
SJECH M. DJAMIL DJAMBEK
BUKITTINGGI
2012 M / 1433 H
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
Kelas :
VIII (Delapan)
Mata Pelajaran : Matematika
Semester : I (Satu)
Standar Kompetensi : GEOMETRI DAN PENGUKURAN
3. Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan
masalah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Nilai Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
3.1 Mengguna
kan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah
|
Teorema Pythagoras
|
Menemukan Teorema
Pythagoras dengan menggunakan persegi-persegi secara bekerja sama
|
· Menemukan Teorema
Pythagoras secara bekerja sama
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Jika panjang sisi
siku-siku suatu segitiga adalah a cm dan b cm, dan panjang sisi miring c cm,
maka tuliskan hubungan antara a, b, dan c.
|
2x40mnt
|
Buku teks, kertas
berpetak, model Pythagoras
|
Sikap kerja sama
|
|
|
Menuliskan rumus Teorema
Pythagoras pada segitiga siku-siku secara cermat dan teliti
|
· Menghitung panjang sisi
segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui secara cermat dan teliti
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Panjang salah satu sisi siku-siku adalah 16 cm dan
panjang sisi miring adalah 20 cm. Hitunglah panjang sisi siku-siku yang lain.
|
2x40mnt
|
|
Sikap cermat dan teliti
|
|
|
Menerapkan Teorema
Pythagoras pada segitiga siku-siku dengan sudut istimewa secara kritis dan
kreatif
|
· Menghitung perbandingan
sisi sisi segitiga siku-siku istimewa (salah satu sudutnya 300, 450,
600) secara kritis dan kreatif
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Segitiga ABC siku-siku
di B. Sudut A = 300 dan panjang AC = 13 cm. Hitunglah panjang sisi AB dan BC.
|
4x40mnt
|
|
Berpikir kritis dan
kreatif
|
3.2 Memecahkan
masalah pada bangun datar yang berkaitan dengan
|
Teorema Pythagoras
|
Mencari perbandingan
sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa dengan menggunakan teorema Pythagoras
secara kritis dan kreatif
|
· Menghitung perbandingan
sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa secara kritis dan kreatif
|
Tes tulis
|
Tes Uraian
|
Suatu segitiga ABC siku-siku
di B. Sudut A = 300
Panjang sisi AB = 8 cm. Hitung panjang
sisi-sisi BC dan AC.
|
2x40mnt
|
Buku teks, kertas
berpetak, model Pythagoras
|
Berpikir kritis dan
kreatif
|
|
Teorema Pythagoras
|
Menggunakan teorema Pythagoras untuk
menghitung panjang diagonal ,sisi, pada bangun datar, misal persegi, persegi
panjang, belah ketupat, dsb secara kritis dan kreatif
|
· Menghitung panjang
diagonal pada bangun datar, misal persegi, persegi panjang, belah ketupat,
dsb secara kritis dan kreatif
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Suatu persegi panjang
mempunyai panjang 12 cm dan lebar 9 cm. Hitunglah panjang diagonalnya.
|
2x40mnt
|
|
Berpikir kritis dan
kreatif
|
Mengetahui,
Kepala sekolah (nama Sekolah)
(Nama)
(NIP:)
|
Solok, Januari 2013
Guru Mata Pelajaran,
(Nama)
(NIP:)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar